Senin, 20 Februari 2012

Marie Curie

yap sambil menyelam minum air, sambil ngerjain sosio ngerjain tik
posting kali ini merangkap tugas sosio juga yaitu : WHO INSPIRED ME?



Nama saya Destina Verika Currie Huwae. Orang tua saya menyelipkan kata “currie” pada nama saya yang merupakan kata serapan dari nama Madame Marie Skłodowska Curie. Tentunya kedua orang tua saya berharap kelak saya bisa memiliki sifat-sifat baik seperti beliau. Dia adalah satu-satunya wanita yang memenangkan Hadiah Nobel dalam dua ilmu yang berbeda yakni Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911

Marie Sklodowska-Curie (Warsawa, Polandia 7 November 1867 - Passy, Haute-Savoie, France 4 Juli 1934) adalah seorang ahli fisika dan ahli kimia terkenal untuk penelitian radioaktivitas. Dia adalah orang pertama dengan dua Hadiah Nobel dalam fisika dan kimia. Dia adalah profesor wanita pertama di Universitas Paris. Dia dikebumikan di pemakaman di Sceaux, bersama suaminya Pierre. Enam puluh tahun kemudian, pada tahun 1995, untuk menghormati prestasi mereka, sisa-sisa keduanya dipindahkan ke Panthéon di Paris. Dia menjadi yang pertama - dan sejauh ini satu-satunya - wanita yang dihormati dengan pemakaman di Panthéon atas kemampuannya sendiri. Ia mendirikan Curie Institute. Bersama dengan suaminyaPierre Curie, ia menemukan unsur radium.


Marie Curie as a child with her brothers
and sisters
Ia dilahirkan dengan nama Maria Sklodowska Salomea di Warsawa, 
Kerajaan Polandia.
Ia belajar di Warsaw's clandestine Floating University  dan mulai pelatihan praktis ilmiah nya di Warsawa.



Marie Curie at her laboratory
 in Sorbonne



Pada tahun 1891, ketika berusia 24 tahun, dia mengikuti kakak nya Bronisława untuk belajar di Paris, dimana ia meraih derajat nya lebih tinggi dan melanjutkan studinya tentang Fisika dan Matematika di Universitas Sorbonne .

Marie Curie and Pierre Curie
 Tahun 1903 dia berbagi Penghargaan Nobel Fisika bersama suaminya Pierre Curie dan fisikawam Henri Becquerel. Putrinya Irène Joliot-Curie dan anak tirinya, Frédéric Joliot-Curie, juga berbagi Hadiah Nobel. Tahun1911 ia memenangkan Nobel Kimia atas kerja kerasnya sendiri. Sklodowska-Curie adalah wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel, wanita memenangkan nobel di dua bidang, dan satu-satunya orang yang menang dalam beberapa ilmu.

Prestasinya yaitu teori radioaktivitas, teknik untuk mengisolasi isotop radioaktif, dan penemuan dua elemen, polonium dan radium. Di bawah arahnya, studi pertama di dunia dilakukan dalam pengobatan neoplasma, dengan menggunakan isotop radioaktif. Dia mendirikan Institut Curie di Paris dan Warsawa, yang menjadi pusat utama penelitian medis zaman sekarang.
Radium Institute in 1925

dia tidak pernah kehilangan nasionalismenya Polandia. Dia mengajarkan anak-anaknya bahasa Polandia dan membawa mereka pada kunjungan ke Polandia. Dia orang pertama yang menemukan unsur kimia : polonium, yang ia pertama kali di hak paten-kan pada tahun 1898. Selama Perang Dunia I ia menjadi anggota Komite untuk Polandia Merdeka (Komitet Wolnej Polski). Pada tahun 1932, ia mendirikan Institut Radium (sekarang Maria Sklodowska-Curie Institut Onkologi) di kota kelahirannya, Warsawa, dipimpin oleh adiknya Bronisława. Curie meninggal pada tahun 1934 karena anemia aplastik yang disebabkan oleh pancaran radiasi zat radioaktif selama bertahun-tahun.

P.S : Anemia aplastik adalah suatu kondisi dimana sumsum tulangtidak memproduksi sel-sel baru yang cukup untuk mengisi sel-seldarah. Kondisi ini, dari namanya, melibatkan kedua aplasia dan anemia. Biasanya, anemia mengacu rendah jumlah sel darah merah, tetapi pasien anemia aplastik memiliki jumlah lebih rendah dari ketiga jenis sel darah: sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit, disebut pansitopenia

thanks for visit, semoga bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar